Minggu, 18 Oktober 2009

Iilmu pengetahuan alam

ILMU PENGETAHUAN ALAM

Penyelenggaraan pendidikan nasional termasuk pendidikan tinggi merupakan bagian dari pendidikan nasional yang pada hakekatnya merupakan interaksi terpadu antara pembangunan sumber daya manusia dan pengembangan sumber daya alam untuk mencapai tujuan nasional yaitu mncapai masyarakat adil dan makmur. Ilmu Kimia pada hakekatnya merupakan bagian ilmu pengetahuan alam yang mempelajari sifat, struktur komposisi, energi materi serta perubahannya saat ini telah berkembang hingga memegang peranan penting didalam hampir semua kehidupan masyarakat.

Dalam era globalisasi terdapat kaitan yang erat antar bidang dalam ilmu pengetahuan untuk meningkatkan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Hal ini berarti bahan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutlak diperlukan untuk dapat bersaing dalam era globalisasi.

Peran ilmu Kimia dalam era globalisasi sangat strategis, informasi Kimia diperlukan dalam berbagai bidang kegiatan industri dan perdagangan. Antara lain dalam kegiatan produksi, aspek perlindungan terhadap konsumen, pelestarian lingkungan hidup. Dalam era globalisasi hanya bangsa yang memiliki daya saing tinggi dalam penguasaan ilmu pengetahhuan dan teknologi yang dapat bertahan dan tidak tertinggal dari bangsa lain sehingga hanya melalui berbagai usaha keras dalam pengembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi eksistensi suatu bangsa dapat dipertahankan.

Dalam keadaan demikian kelestarian sumber daya manusia dalam berbagai ilmu pengetahuan mutlak diperlukan. Jurusan Kimia Fakultas MIPA-UNS merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi di Indonesia, melalui program studi Kimia mengemban fungsi dan tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan keahlian khusus yang mampu berperan aktif dalam segala bidang kegiatan.

Jurusan Kimia sebagai bagian dari Universitas Sebelas Maret Surakarta akan memikul tanggung jawab pada pembudayaan ilmu Kimia di Indonesia, menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran jenjang program Sarjana(S1) yang bertumpu pada Undang-undang Republik Indonesia No. 2 tahun 1989 pasal 38(1), pasal 39 ayat (1) (2) dan pasal 13 ayat (1) serta peraturan pemerintah No. 30 tahun 1990.
Bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Kimia yang memiliki :

  1. jiwa, semangat, dan integritas kepribadian nasional yang tinggi.
  2. Sifat terbuka dan tanggap baik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi maupun masalah yang timbul dalam masyarakat yang berkaitan dengan keahliannya.
  3. Kemampuan dan kemauan untuk menerapkan keahlian yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat.
  4. Kemampuan mandiri untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mau mengembangkan diri.
TODAY
» Day : Monday
» Date : 19 October 2009
» Time : 11 : 48 AM
LOG IN

User ID : Password :


Daftar

POLLING
Menurut pendapat Anda, bagaimana tampilan website ini?
Jelek sekali
Lumayan
Perbaiki
Bagus

Pemilih : 28

Lihat Polling
Copyright © 2007-2008 by Admin M36&40 / D3 TeKomp'05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar